Ada banyak lagu tentang jantung yang berdebar karena jatuh cinta. Sobat pasti juga sudah tau bahwa jantung adalah organ tubuh paling vital yang dimiliki oleh manusia. Tidak hanya jatuh cinta, beberapa penyakit yang menyerang jantung juga bisa membuat jantung berdebar lebih cepat atau lambat dari normal. Nah, biar lebih paham mari kita simak 5 fakta unik tentang jatung manusia.

  1. Ukuran jantung pria dan wanita berbeda

Siapa yang sangka bahwa berat jantung pria dan wanita ternyata berbeda. Berat jantung pria diketahui seberat 10 ons, sedangkan jantung wanita 8 ons. Penasaran dengan ukuran jantung kamu? Sobat bisa memprediksi ukuran jantung dari seberapa besar kepalan tangan. Oleh karena itu ukuran jantung tiap orang pun berbeda-berbeda.

  1. Jantung adalah pompa raksasa

Bayangkan sebuah pompa raksasa yang memompa darah sekitar 5 liter dalam satu menit. Itulah bentuk jantung yang sebenarnya. Darah mengalir melalui seluruh sistem pembuluh darah hanya dalam 20 detik. Dalam sehari, jantung memompa sekitar 2.000 galon darah sejauh 60.000 mil ke pembuluh darah.

  1. Rata-rata jantung berdenyut sebanyak 60 – 100 kali per menit

Menurut American Heart Association, jantung orang dewasa berdetak sekitar 100.000 kali setiap hari dan 3.600.000 selama setahun. Sedangkan orang-orang yang memiliki denyut jantung lebih pendek sebanyak 60 denyut per menit (bpm), jantung mereka berdetak sekitar 86.000 kali sehari. Kalau jatuh cinta kira-kira berapa ya, denyut jantungnya?

  1. Penyakit Jantung Dipengaruhi Aktivitas Sehari-Hari

(Image : Adobe Stock)

Taukah kamu, bahwa seseorang dapat memiliki resiko terkena penyakit jantung 2x lebih besar karena jarang olahraga ataupun bergerak dibandingkan mereka yang lebih aktif. Ketika tubuh bergerak aktif bahkan walaupun hanya dengan gerakan kecil seperti berjalan dari satu sisi ke sisi lain, otot-otot akan mengaktifkan gen yang membuat bahan kimia dan protein membantu memproses gula darah dan kolesterol lebih efisien. Inilah yang mampu menciptakan susunan sehat di dinding pembuluh darah.

  1. Tertawa jadi obat terbaik untuk jantung

Ketika seseorang tertawa, lapisan dinding pembuluh darah akan rileks dan mengembang.  Dengan tertawa, pembulu darah mampu mengirim 20% lebih banyak darah agar mengalir ke seluruh tubuh. Sebuah studi menemukan bahwa ketika orang menonton film komedi, aliran darah mereka meningkat. Inilah alasan bahwa tertawa bisa menjadi penangkal untuk stres.

Jadi tau kan kalau olahraga itu penting, Sobat. Jaga jantungmu dengan oalhraga dan makanan sehat ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *