5 Jebakan Kartu Kredit yang Harus Diwaspadai

Published On September 27, 2019 | By Proman Energenesis | Knowledge

Kartu kredit adalah salah satu alat pembayaran yang banyak digunakan oleh masyarakat urban. Alat pembayaran yang satu ini dianggap bisa mempermudah berbagai jenis pembayaran, mulai dari pembelian barang secara online sampai pembayaran tagihan bulanan.

Nah, jika Sobat memiliki kartu kredit dan menggunakannya secara aktif, hati-hati dengan lima jebakan berikut ini.

1. Telat Bayar Tagihan

Jika Sobat adalah tipe orang yang pelupa, pastikan untuk memasang reminder tagihan kartu kredit supaya gak telat bayar. 

Pasalnya, keterlambatan pembayaran tagihan kartu kredit bisa membuat Sobat dikenakan denda yang sifatnya berbunga sehingga bisa-bisa tagihannya gak seberapa, dendanya yang justru bikin pusing tujuh keliling.

2. Cuma Bayar Minimum Payment

Siapa yang suka membayar minimum payment? Hati-hati, Sob! Pembayaran minimum bisa menyebabkan sisa utang yang gak terbayar dikenai bunga sehingga bunganya akan menumpuk di kemudian hari.

Untuk itu, pastikan agar Sobat membayar tagihan kartu kredit secara penuh untuk menghindari sisa tagihan yang berlipat ganda.

3. Pakai Limit Sampai Habis

Limit kartu kredit biasanya disesuaikan dengan penghasilan pemegang kartu kredit. Nah, menghabiskan limit kartu kredit sampai habis sama saja dengan menggunakan seluruh penghasilan sampai habis.

Gak mau kan nantinya kesulitan hanya karena bersenang-senang? Untuk itu, hati-hati menggunakannya!

4. Pakai Fasilitas Tarik Tunai

Kebanyakan kartu kredit punya fasilitas tarik tunai sehingga Sobat bisa menggunakannya dalam kondisi terdesak.

Tapi, jika keseringan menggunakan fasilitas yang satu ini, Sobat akan dikenai beban biaya tarik tunai sebesar 3% sehingga tagihan kartu kredit pun semakin bertambah.

5. Gak Tahu Jumlah Utang

Nah, ini dia yang paling berbahaya. Jika Sobat gak mengetahui berapa banyak utang yang harus dibayarkan, bagaimana bisa memperhitungkan berapa banyak pengeluaran yang harus disiapkan untuk tagihan kartu kredit?

Untuk itu, pastikan Sobat mengecek besaran utang kartu kredit secara berkala supaya tidak kewalahan di saat tagihan datang.

Akhir Kata

Itulah lima “jebakan” kartu kredit yang biasanya tidak disadari oleh pemegang kartu kredit. Untuk itu, pastikan Sobat mempergunakan kartu kredit secara bijak ya!

Like this Article? Share it!

About The Author

Pria yang penuh dengan antusiasme, Memiliki energi lebih untuk selalu melakukan petualangan baru yang penuh tantangan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *