5 Tempat Diving Terbaik di Indonesia

Published On August 10, 2019 | By Proman Energenesis | Adventure, Editor's Picks

Sebagai negara kepulauan dengan lautan yang membentang luas, Indonesia memiliki alam bawah laut yang eksotis dan begitu beragam.

Dengan indahnya alam bawah laut Indonesia itu kerap kali menjadi destinasi favorit para penyelam permukaan (diving) dari berbagai wilayah. Tak hanya wisatwan lokal, wisatawan mancanegara pun takjub.

Nah sob, berikut 5 destinasi wisata bawah laut Indonesia yang patut kamu datangi jika menyukai aktivitas diving.

1. Derawan, Kalimantan Timur

Alex Ribeiro / Youtube

Kepulauan Derawan yang terletak di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur merupakan gugusan pulau yang keindahannya sudah memikat dunia internasional.

Dan salah satu objek wisata yang paling terkenal di kepulauan Derawan adalah spesies ubur-ubur yang tidak berbahaya.

Banyak wisatawan lokal maupun luar negeri yang berbondong-bondong untuk menikmati ekosistem kelompok ubur-ubur ini.

Selain daratan, pemandangan bawah laut di kepulauan ini benar-benar sangat mengagumkan.

Pantai dengan pasir putih dan lautan yang biru dan sangat jernih sehingga menjadi lokasi diving yang sangat populer saat ini baik untuk penyelam lokal maupun penyelam dari laur negeri.

Dengan memiliki lebih dari 30 gugusan pulau, membuat kunjungan wisatawan semakin hari semakin besar kepada kepulauan ini.

Di Kepulauan Derawan juga terdapat berbagai terumbu karang dan hutan bakau, serta ragam spesies yang dilindungi. Seperti penyu hijau, ikan paus, lumba-lumba, penyu sisik, dan berbagai spesies lainnya.

2. Alor, Nusa Tenggara Timur

Nadia Aly / Youtube

Salah satu lokasi diving terbaik di Indonesia selanjutnya adalah Kepulauan Alor yang berada di Nusa Tenggara Timur (NTT). Di kepulauan ini setidaknya terdapat 20 pulau yang sangat indah.

Selain itu pemandangan selatnya juga sangat menakjubkan. Berbagai titik penyelaman di Alor sudah kondang sampai ke mancanegara.

Spot-spot seperti half moon bay, baruna’s point, serta trip top sudah tidak asing lagi dengan berbagai keindahan yang ditawarkan.

Kamu bisa menyelam dan menikmati pemandangan terumbu karang dan biota laut lainnya, serta bermain bersama penyu dan hiu karang.

Dengan alam yang begitu alami dan pemandangan menakjubkan, tentunya kamu harus mengunjungi Kepulauan Alor setidaknya sekali seumur hidup.

3. Raja Ampat, Papua Barat

Nove Nyberg / Youtube

Satu lagi kepulauan yang tak kalah tenar bagi para pencinta diving dunia adalah Kepulauan Raja Ampat di Papua Barat.

Dengan memiliki setidaknya 610 gugusan pulau, Raja Ampat menjelma menjadi destinasi wisata terfavorit di Indonesia, baik bagi wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.

Kawasan Raja Ampat pun telah diakui dunia sebagai pulau yang memiliki jenis terumbu karang terbanyak di seluruh dunia, yaitu sebanyak 75 persen dari total jenis terumbu karang yang ada di seluruh dunia.

Beberapa spot diving terbaik di Raja Ampat yaitu Pulau Mansuar, Blue Magic, Chicken Reef, dan masih bayak lagi.

Bahkan saat pasang surut terendah, kamu bisa menyaksikan hamparan terumbu karang yang sangat indah tanpa menyelam. Membuat keindahan Raja Ampat tak terbantahkan.

4. Nusa Penida, Bali

KenzoKiren / Youtube

Pulau Dewata, Bali, juga memiliki tempat diving yang tak kalah eksotik, yakni Nusa Penida. Sebuah pulau yang terleltak di sebelah tenggara Bali ini dipisahkan oleh selat Badung.

Berbagai spot diving seperti Penida Bay, batu lumbung, Toyapakeh, Manta Point, Malibu point, dan beberapa spot lainnya bisa kamu jelajahi untuk menikmati keindahan alam bawah laut.

Perairan Nusa Penida juga terkenal dengan adanya ekosistem ikan mola-mola yang langka, serta pari manta.

Jika menjelajahi alam bawah lautnya, maka kamu juga bisa mendapati pemandangan gua bawah laut, beragam batu karang, dan beragam ikan laut yang sangat cantik.

5. Karimunjawa, Jawa Tengah

TravelBlog Indonesia / Youtube

Kepulauan Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah juga merupakan salah satu lokasi diving terbaik di Indonesia.

Memiliki kurang lebih 27 pulau yang berjejer menakjubkan, perairan ini menawarkan keindahan alam laut yang tidak kalah dari lokasi diving lainnya.

Kawasan yang merupakan rumah bagi terumbu karang, hutan pantai, hutan bakau, serta kurang lebih 400 spesies fauna laut, Karimunjawa telah ditetapkan sebagai kawasan taman nasional.

Tempat ini juga rumah dari 242 sepsies ikan hias, penyu sisik, penyu hijau, serta elang laut dada putih.

Akhir Kata

Nah, itulah sob beberapa tempat diving terbaik di Indonesia yang pastiya wajib kamu kunjungi, minimal satu kali seumur hidup.

Jadi, jangan traveling ke luar negeri dulu sob jika belum menikmati indahnya alam Indonesia.

Like this Article? Share it!

About The Author

Pria yang penuh dengan antusiasme, Memiliki energi lebih untuk selalu melakukan petualangan baru yang penuh tantangan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *