Tidak dapat dipungkiri, adanya pandemic Covid-19 mengubah segalanya. Virus Covid-19 masih ada hingga kini dan vaksin dan obatnya masih belum ditemukan. Untuk itu penting untuk menjaga rutinitas dan kebiasaan sehari-hari termasuk saat berolahraga kini harus mengikuti sejumlah protokol kesehatan demi keselamatan bersama yang disebut new normal. Salah satu cara mencegah terinveksi virus ini adalah dengan menjaga kesehatan diri sendiri dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan berolahraga secara teratur. Nah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat berolahraga di masa pandemic ini. Inilah 5 tips berolahraga saat new normal.

5 Tips Olahraga Saat New Normal

  1. Perhatikan Kebersihan Diri

Tips olahraga saat new normal yang pertama adalah memperhatikan kebersihan diri. Jangan lupa membawa hand sanitizer dan memastikan bahwa pakaian dan diri kita sudah bersih untuk menghindari perpindahan virus. Dengan menjaga kebersihan diri, maka Sobat turut menjaga orang lain yang mungkin akan berolah raga di tempat yang sama.

  1. Jaga Kebersihan

(Image : Adobe Stock)

Selain diri sendiri, Sobat juga harus menjaga lingkungan olahraga juga. Hal ini bisa meminimalisir penyebaran virus corona. Mungkin Sobat bisa membawa hand sanitizer dan pembersih lain yang bisa digunakan untuk membersihkan alat olahraga yang akan digunakan. Lakukan hal ini sebelum dan sesudah berolahraga.

  1. Jangan Skip Pemanasan dan Pendinginan

Jangan langsung melakukan olahraga berat tanpa pemanasan dan pendinginan dulu. Ingat, tujuan Sobat berolahraga adalah untuk menjaga kesehatan jadi jangan skip bagian penting ini. Tips aman olahraga saat memasuki masa new normal berikutnya adalah jangan lupa untuk melakuka. Gerakan pemanasan sebelum olahraga bertujuan meregangkan otot-otot tubuh. Dengan begitu, tubuh akan lebih siap untuk melakukan gerakan olahraga yang lebih aktif selanjutnya.

  1. Tetap Menjaga Jarak

Nah, ini juga tidak kalah penting saat melakukan olahraga di masa new normal. Tetap jaga jarak, ya, Sobat. Perhatikan jarak antara kamu dan orang lain jika berolahraga di tempat umum. Sebaiknya hindari olahraga yang terlalu berdekatan dengan orang lain. Karena kamu tidak tahu bagaimana kondisi tubuh orang lain ketika sedang melakukan aktivitas bersama.

  1. Perhatikan Intensitas dan Durasi

Saat berolahraga, tetap perhatikan intensitas dan durasi ya, Sobat. Usahakan untuk tidak melakukan aktivitas olahraga secara tidak berlebihan karena dapat menyebabkan over training yang bisa berdampak pada gangguan kesehatan. Ingat, tujuan berolahraga untuk menjaga kesehatan, jadi jangan sampai olahraga malah bikin sakit. Selain itu, pastikan kondisi tubuh tetap terhidrasi dengan cukup.

Itulah hal-hal penting yang harus diperhatikan saat berolahraga di new normal.  Mari cegah terinfeksi virus dengan olahraga teratur ya, Sobat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *