Ayah Yang Baik Ajarkan Anak Olahraga Sejak Dini

Published On May 8, 2019 | By Proman | Editor's Picks, Sports

Olahraga memang sangat baik untuk kesehatan, baik untuk orang dewasa maupun untuk anak-anak. Semakin dini orang mengerti olahraga, semakin terbiasa dia untuk menjaga kebugaran. Sebagai seorang ayah, kamu bisa mulai mengajarkan olahraga pada si kecil, dengan membuat waktu olahraga bersama. Bagi si kecil, ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan seperti meningkatkan kebugaran, memicu pertumbuhan tulang dan otot, meningkatkan koordinasi gerak dan keseimbangan tubuh serta membantu membentuk postur tubuh yang ideal bagi anak.

Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengajarkan olahraga pada anak. Apa saja tipsnya? Simak beberapa poin di bawah ini.

  1. Kenali kebutuhan fisiknya

Anak pada usia TK, SD dan remaja tentu saja memiliki kebutuhan yang berbeda-beda akan kebugaran. Mereka pun mempunyai cara berbeda dalam memahami olahraga ini. Saat usia TK, mereka pasti membutuhkan olahraga yang singkat, jelas dan gampang diikuti karena pada dasarnya olahraga difokuskan untuk membantu perkembangan motorik. Sementara di saat awal sekolah, si kecil bisa diarahkan untuk mendalami olahraga yang disukai.

  • Kenalkan berbagai jenis olahraga

Saat ini banyak sekali cara mengenalkan berbagai jenis olahraga pada si kecil. Selain dengan cara mengajarinya langsung, kamu bisa mengenalkan olahraga melalui televisi, youtube dan lain sebagainya. Menceritakan tentang sosok olahragawan atau olahragawati, supaya dia terinspirasi dengan cerita tersebut. Kamu juga bisa mengajak si kecil untuk menonton kompetisi olahraga bersama, selain untuk mengenalkan olahraga, kamu juga bisa meningkatkan kekompakan.

  • Rutin berolahraga

Mengenalkan dan menceritakan saja tidak cukup untuk membuat anak rajin berolahraga. Kamu harus menjadikan olahraga sebagai rutinitas bersama dengan si kecil. Jadwalkan seminggu dua kali di waktu tertentu untuk berolahraga. Sederhana saja, yang penting rutin.

  • Lakukan olahraga dengan benar

Kamu bisa mengajarkan olahraga mulai dari pemanasan, inti olahraga dan pendinginan. Dengan begitu anak akan mengerti tentang bagaimana menjalankan olahraga dengan baik dan terhindar dari cedera.[ 

Mengajarkan si kecil berolahraga, butuh energi ekstra karena kamu juga harus sabar. Jangan sampai energimu drop karena kelelahan. Cobalah mengonsumsi satu Proman Energy Drink setiap hari, supaya kamu tetap kuat bekerja dan mengajarkan si kecil berolahraga. Biarkan anak berkembang dengan fisik yang kuat dan jadilah keluarga yang kua

Like this Article? Share it!

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *