Dalam masa pandemic Covid-19 ini, Sobat wajib menjaga kesehatan yag salah satu caranya adalah dengan berolahraga secara teratur. Olahraga yang dilakukan secara rutin baik bagi kesehatan tubuh dan juga bisa menjaga stamina. Namun, jika kegiatan olahraga tidak dilakukan dengan benar, justru bisa berdampak negatif pada tubuh. Ada beberapa kebiasaan buruk yang membuat aktivitas olahraga ini menjadi sia-sia. Untuk menghindarinya, simak 5 kebiasaan jelek saat berolahraga yang harus Sobat hindari.

Jangan Lakukan 5 Kebiasaan Ini Setelah Berolahraga

  1. Berolahraga saat perut kosong.

Beberapa orang seringkali berolahraga dengan perut kosong. Banyak yang tidak menyadari bahwa kebiasaan ini buruk bagi kesehatan dan seharusnya tidak dilakukan. Seorang pakar kesehatan menyarankan untuk mengonsumi makanan manis terlebih dahulu kira-kira 45 menit sebelum berolahraga. Pasalnya, ketika gula darah tubuh merendah saat olahraga, maka tubuh akan mengekstrak glikogen dari jaringan otot dan dapat menyebabkan kehilangan massa otot.

  1. Olahraga yang Berlebihan

Salah satu kebiasaan buruk yang lain adalah berolahraga secara berlebihan. Melakukan aktivitas olahraga yang berlebihan pada tubuh dapat berpengaruh buruk pada otot dan juga meningkatkan risiko terjadinya cedera. Ada baiknya untuk berolahraga sesuai dengan kemampuan tubuh dan berhenti saat sudah merasa kelelahan.

  1. Tidak Melakukan Pemanasan

Gerakan pemanasan sangat penting dilakukan dalam mempersiapkan tubuh untuk menghadapi aktivitas yang lebih berat saat berolahraga. Jika Sobat tidak melakukan pemanasan, maka bisa jadi tubuh akan kaget dan mengalami kaku otot. Untuk itu, selalu lakukan pemanasan yang benar sebelum memulai olahraga.

  1. Tidak Cukup Minum Air

Kebiasaan buruk saat olahraga yang lain saat olahraga adalah tidak mengonsumsi cukup air. Masalah dehidrasi adalah masalah utama yang sering dihadapi oleh sebagian besar pelaku olahraga, terutama mereka yang terlibat dalam latihan yang sangat berat. Jika tubuh tidak terhidrasi dengan baik akan beresiko mengalami lesu, haus, sakit kepala ringan, atau bahkan cedera.

  1. Berolahraga dengan posisi yang tidak tepat.

Kurangnya informasi atau pengarahan juga membuat kesalahan pada saat berolahraga. Salah satu contohnya adalah berolahraga dengan posisi yang tidak tepat. Hal ini dapat membahayakan persendian dan otot. Bukannya sehat dan bugar, kesalahan ini dapat mengakibatkan cidera yang membahayakan tubuh.

Jadi, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, hindari kebiasaan jelek saat berolahraga ini, Sobat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *