tips memilih laptop

Proman Sekarang ini laptop bukan lagi menjadi barang yang “wah” tapi sudah sangat umum, apalagi di masa pandemi sekarang ini dimana banyak aktivitas mulai dari sekolah, perkuliahan dan perkantoran lebih banyak dilakukan secara online.

Namun, ketika kamu ingin membeli laptop ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar tidak menyesal dikemudian hari, yaitu :

Perhatikan Ukuran Layar Laptop yang Akan Kamu Beli

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan ketika kamu akan membeli laptop adalah mengenai ukuran dari laptop kamu. Pembelian laptop biasanya dipilih untuk memudahkan pekerjaan. Oleh karena itu, laptop kamu harus cukup mudah  dibawa.

Untuk memudahkan membawa laptop ini salah kamu harus perhatikan ukuran dari layar laptop tersebut. Ukuran layar laptop yang paling cocok untuk dibawa bepergian adalah laptop dengan ukuran 12.5 inci hingga 14 inci.

Laptop dengan ukuran di bawah 12.5 inci akan terasa menyulitkan untuk bekerja sedangkan yang lebih besar dari 14 inci akan terlalu besar untuk kamu yang sering bekerja berpindah-pindah. Jadi ukuran 12,5 hingga 14 inci adalah ukuran yang paling ideal untuk laptop kamu.

Pilih Sistem Operasi yang Paling Banyak Digunakan di Perusahaan

Selanjutnya, kamu bisa perhatikan platform yang seperti apa yang ingin kamu gunakan. Apakah itu MacOS, Windows atau Chrome OS. Pilih jenis sistem operasi yang sekiranya sesuai dengan jenis pekerjaan kamu.

Coba Keyboard dan Juga Touchpad

Keyword kamu juga touchpad merupakan 2 komponen di laptop yang akan berinteraksi paling banyak dengan kamu. Oleh karena itu, coba pilih keyboard dan juga touchpad yang sudah nyaman. Ya, tugas kamu bukan hanya mengecek apakah setiap tombol dari laptop yang akan kamu beli ini berfungsi tapi juga cek apakah tombol keyboard kamu nyaman untuk bekerja atau tidak.

Cek apakah  keyboard laptop tersebut nyaman untuk digunakan dalam waktu yang lama atau apakah kedua komponen ini cukup ergonomis untuk memudahkan pekerjaan kamu atau tidak. Hal ini disebabkan karena meski sama-sama memiliki tombol qwerty, tapi ada tombol keyboard yang luas dan ada yang pendek, ada yang memiliki jarak yang lebar dan ada yang sempit. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan.

Perhatikan Daya Hidup dari Baterai

Baterai adalah salah satu aspek yang sangat penting untuk kamu perhatikan ketika kamu akan membeli sebuah laptop. Hal ini disebabkan karena waktu hidup baterai sangat penting untuk diperhatikan dan disesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Contohnya jika kamu adalah orang memiliki mobilitas tinggi maka membeli laptop dengan baterai yang mampu hidup selama 8 jam sudah cukup baik untuk membantu memudahkan mobilitas kamu. Makin lama tentu makin baik, apalagi jika aplikasi yang kamu gunakan makin berat.

Pemilihan Hard Disk, & SSD

Sekarang ini model ruang penyimpanan pada laptop bervariasi, ada yang menggunakan hard disk dan yang terbaru menggunakan SSD. Kamu bisa sesuaikan dengan pekerjaan yang kamu jalankan, jika hanya sekedar untuk membuat tulisan dan sedikit mengedit gambar maka laptop yang memakai hard disk sudah cukup.

Tapi, jika kamu butuh untuk mengedit video, foto dan membuat full desain maka disarankan untuk menggunakan laptop SSD.

Cek Seluruh Bagian Bodi

Selanjutnya yang tidak boleh kamu lewatkan adalah cek seluruh bagian bodi laptop, jangan sampai ada yang retak atau gompal. Terkadang, ada juga body laptop yang lolos quality control sehingga bisa masuk ke pasaran walaupun ada beberapa bagian yang lecet.

Garansi

Nah, ini yang paling penting, jika kamu beli laptop dalam kondisi baru pastikan untuk menanyakan garansi, sehingga jika terjadi masalah atau kerusakan bisa segera diperbaiki.

Itulah beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat membeli laptop. Rawat lah laptop kamu dengan baik agar awet atau tidak cepat rusak. Simpan di tempat yang aman dan jauh dari jangkauan anak – anak. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *