Mengenal 5 Macam Sifat Manusia

Published On August 7, 2019 | By Proman Energenesis | #Promanhood, Editor's Picks, Knowledge

Sobat, manusia diciptakan Tuhan tentunya dengan barbagai macam perbedaan antara yang satu dengan yang lainnya baik dari segi fisik ataupun karakternya.

Perbadaan karakteristik  itulah yang membuat ciri khusus yang mungkin akan membuat kita lebih cepat ingat terhadap seseorang.

Nah, sebenarnya ada berapa banyak sih karakteristik yang dimiliki oleh manusia. Tentu saja sangat banyak sob.

Nah, kita akan membahas 5 karakter di ataranya.

1. Pemalu

Malu adalah perasaan yang timbul dalam diri seseorang jika minder atau memiliki perasaan negatif yang timbul dalam diri. Misal, ia pernah dan merasa melakukan hal tidak baik.

Rasa malu sebetulnya tidak buruk sob, bahkan dalam agama rasa malu cukup disarankan untuk memfilter diri dari perbuatan dosa. Tentunya rasa malu juga baik untuk memperbaiki diri ke arah yang lebih positif.

Jadi kesimpulannya jangan minder ya, jika kita adalah orang pemalu.

2. Pendiam

Secara umum sifat pendiam adalah sifat orang yang enggan membuka dirinya di depan orang banyak. Tak buruk memang, namun terkadang sifat dia seseorang disalah artikan sebagai orang yang tak perduli atau nggak mau tau.

Dia cukup baik untuk urusan yang sifatnya subtansial. Misal, diam dari mengomentari orang, dia untuk membicarakan orang lain, dan diam saat berselisih.

Bahkan pepatah bilang, “diam itu emas”.

Dan kebanyakan, orang pendiam umumnya memiliki otak lebih encer ketimbang orang yang banyak omong.

Masih ingatkan sob pepatah yang bilang, “tong kosong nyaring bunyinya”.

3. Pemarah

Orang pemarah adalah orang yang tak mampu mengontrol diri dan emosinya. Dan kebanyakan, orang kalah mencerminkan orang yang kalah, baik secara pribadi dan emosional.

Tapi, gak ada salahnya kita marah untuk urusan yang cukup penting, tapi ya marahnya gak usah sampai membuat sakit hati orang lain. Marahlah dengan bijak dan elegan.

4. Penyabar

Nah, ini merupakan salah satu hal sulit yang kita lakukan. Sering sekali orang berkata “Sabar bro…”, padahal dia sendiri belum tentu bisa sabar jika menghadapi hal serupa.

Sifat sabar itu sebenarnya relatif sob, bergantung pada seberapa bijak kita menghadapi masalahnya. Kita bersabar hari ini, maka di kemudian hari akan kita temukan hal berharga atas kesabaran kita.

Jadi, jika ada orang bilang, “kesabaran itu ada batasnya,” justru ia adalah orang yang tidak mampu untuk bersabar.

5. Pemaaf

Pemaaf adalah salah satu karakter mulia yang dimiliki manusia. Walaupun dalam prakteknya sangat sulit. Dan pemaaf merupakan gabungan sifat antara sabar, diam, dan malu.

Akhir Kata

Nah, itulah sob 5 karakter manusia yang sebagian individu memiliki diantaranya. Lalu, yang manakah kamu?

Yuk mulai perbaiki diri.

Like this Article? Share it!

About The Author

Pria yang penuh dengan antusiasme, Memiliki energi lebih untuk selalu melakukan petualangan baru yang penuh tantangan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *