Mengenal 5 Sistem Operasi Ponsel

Published On August 14, 2019 | By Proman Energenesis | Editor's Picks, Gadget

Smarphone alias ponsel, saat ini memang sudah menjadi jantung aktivitas manusia modern. Tak sedikit orang yang saat ini menggantungkan aktivitasnya dengan ponsel. Taksi dan ojek online misalnya.

Dari masa ke masa, sistem operasi ponsel terus berkembang, hingga saat ini khusus untuk sistem operasi (OS) ponsel pintal setidaknya memiliki 5 jenis.

Apa saja itu? Simak ulasan berikut.

1. Android

Android adalah sistem operasi yang berbasis Linux untuk mobile seperti ponsel dan tablet. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak.

Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi.

Uniknya, pembaruan sistem OS Android identik dengan nama-nama kue, seperti Pie, Oreo, Marsmallow, Jellybean, dst.

2. iOS

iOS / express.co.uk

iOS yang sebelumnya bernama iPhone OS, merupakan adalah sistem operasi perangkat yang dikembangkan oleh Apple Inc.

Sistem operasi ini pertama diluncurkan tahun 2007 untuk iPhone dan iPad Touch, yang kemudian dikembangkan untuk iPad dan Apple TV.

Tak seperti Android, Apple tidak melisensikan iOS untuk diinstal di perangkat keras non-Apple. OS ini pun memiliki pangsa pasar terbanyak kedua setelah OS Android.

3. Windows Phone

Windows Phone / loadthegame.com

Windows Phone (WP) 8 adalah generasi kedua dari sistem operasi Windows Phone mobile dari Microsoft.

WP 8 dirilis pada tanggal 29 Oktober 2012, dan seperti pendahulunya, ia memiliki antarmuka yang dikenal sebagai Metro (UI modern).

Sayangnya, tak seperti Android atau iOS, nama WP kurang begitu dikenal dan hanya digunakan oleh beberapa brand sebagai alternatif.

Beberapa brand yang pernah memproduksi ponsel dengan basis WP adalah Nokia, HTC, Samsung, dan Huawei.

4. Blackberry

BlackBerry adalah OS yang dikembangkan oleh Research in Motion (RIM) untuk perusahaan Blackberry yang merupakan produsen ponsel Blackberry.

OS ini menyediakandan mendukung perangkat input khusus yang telah diadopsi oleh RIM untuk digunakan dalam perangkat melalui elemen yang dikenal dengan trackwell, trackpad, atau trackball, serta layar sentuh.

Platform BlackBerry mungkin paling dikenal karena dukungan asli untuk email perusahaan serta memungkinkan aktivasi nirkabel lengkap dan sinkronisasi dengan beberapa platform lain.

Sayangnya, dengan hadirnya Android dan iOS, OS ini mulai pusar penggunanya seiring juga dengan kurang dikembangkannya sistem OS ini.

5. Harmony

OS Harmony Huawei / albawaba.com

OS yang terbaru adalah Harmony, yang memiliki nama lain “Hongmeng” (China) dan “Ark” (Eropa).

Nama Harmony OS sendiri diajukan oleh produsen ponsel Huawei ke kantor Hak Kekayaan Intelektual Uni Eropa (EUIPO) pada 12 Juli 2019 lalu dan saat ini masih diproses.

Dalam pengajuan paten tersebut, Huawei mencantumkan nama Harmony sebagai OS kategori “Class 9”, di mana Harmony disebut-sebut merupakan OS yang dibuat untuk perangkat mobile dan komputer yang bisa didownload.

Pihak Huawei sendiri telah mengonfirmasi bahwa OS ini akan tersedia pada akhir tahun ini, atau paling lambat awal tahun depan.

Akhir Kata

Nah sob, itulah beberapa sistem operasi (OS) yang saat ini beredar dan atau pernah dikembangkan untuk ponsel. Pergerakan industri gadget pun ternyata memberikan pergerakan untuk pengembangan sistem operasinya.

Like this Article? Share it!

About The Author

Pria yang penuh dengan antusiasme, Memiliki energi lebih untuk selalu melakukan petualangan baru yang penuh tantangan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *